English Time, Metode Belajar Bahasa Inggris MTs. Mangku Alam

By Admin

nusakini.com--Guna meningkatkan pemahaman dan untuk mencintai pembelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris di lingkungan madrasah. Kembali, Selasa (25/04) pagi  MTs. Mangku Alam Kec. Kongbeng, Kutai Timur melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris yang mengusung pada metode English Time. 

Metode english time ini sendiri dilaksanakan di luar jam pembajaran dan dilaksanakan di Musholla Madrasah selepas menunaikan Sholat Dhuha serta doa pagi bersama dan lain sebagainya sebagai rutinitas sehari-harinya. 

Dipandu oleh guru mata pelajaran Bahasa Inggris, Susilawati dan Arif Mahmudi, metode pembelajaran english time ini diikuti seluruh anak-anak didik kelas VII, VIII dan IX MTs. Mangku Alam dengan cara belajarnya menghafal kosa kata, percakapan dan tenses Bahasa Inggris. 

Kepala madrasah, Aswadi mengatakan metode pembelaran ini merupakan metode tambahan bagi mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas dan dengan metode ini pula, anak-anak didik sangat mudah untuk mempelajari Bahasa Inggris ketika di dalam kelasnya masing-masing dan tentunya tidak mengganggu jadwal dari jam pelajaran di madrasah sendiri. 

Anak-anak didik sendiri ketika mengikuti english time tampak begitu antusias dan tampak hasilnya setelah 3 bulan, anak-anak didik bisa bercakap dengan menggunakan bahasa inggris walaupun tidak semahir orang lain. Namun, tidak kaku dalam memahami akan bahasa-bahasa asing di lingkungan madrasah.

"Di lingkungan madrasah sendiri, selain mahir berbahasa inggris, anak-anak didik pun mahir pula dalam bercakap menggunakan bahasa arab dengan metode pembelajaran seperti ini pula," terang Aswadi. (p/ab)